BAB 2 STARTEGI ALGORITMIK FAN PEMROGRAMAN


PETA KONSEP








A.PROSES PEMROGRAMAN

   Program dapat menjadi solusi dari suatu permasalahan. Untuk menghasilkan program yang benar dan dapat membantu manusia dalam melakukan tugasnya, ada empat langkah yang dilakukan pada saat melakukan pemrograman, yaitu:


1. MENGANALISIS PERMASALAHAN (Analyzing):

      pemrogram menganalisis suatu kebutuhan atau keadaan saat ini untuk menghasilkan definisi permasalahan yang perlu diselesaikan dengan program.

2.MENDESAIN SOLUSI (Problem Solring):

      Dari pernyataan masalah ini, pemrogram merencanakan strategi untuk menghasilkan keluaran berdasarkan masukan yang diterima.       

3.MENGIMPLEMESNTASIKAN SOLUSI DALAM BENTUK PROGRAM (Coding):

 Pada tahap ini, pemrogram akan menulis kode program untuk menjalankan solusi yang telah direncanakan sebelumnya dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman. Memilih bahasa pemrograman menjadi pertimbangan di tahap ini. 

4.MENGUJI PROGRAM (Testing): 

     Setelah program dapat dijalankan, program tersebut harus diuji untuk memastikan program berjalan dengan benar, sesuai dengan batasan-batasan yang diberikan.






CONTOH KASUS SIKLUS PEMROGRAMAN

1.MENDEFINISIKAN PERMASALAHAN

2.MERANCANG SOLUSI

3.MENGIMPLEMENTASIKAN SOLUSI DALAM BENTUK PROGRAM (Coding)

4.MENGUJI PROGRAM


B.BERFIKIR KOMPUTASIONAL

     Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan.

1.rekursi

2.algoritma greedy

3.pemrograman dinamis


C.ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

1.larik

2.karakter dan string


D.LATIHAN STRATEGI ALGORITMIK DAN PEMROGRAMAN LINTAS BIDANG


1.problem simulasi burung

2.problem pengelolaan bank dara

3.problem persilangan tanaman

4.problem stoikiometri


E.PROYEK PRAKTIK LINTAS BIDANG (PLB)

1.penjelasan permasalahan

2.rational dan 0-1knapsack.






Comments